AKTIFITAS KEGIATAN
RAUDHATUL ATHFAL AL KHOIRIYAH CERME GRESIK
RA Al Khoiriyah Cerme Gresik merupakan pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Pendidikan di RA Al Khoiriyah setingkat Pendidikan Anak Usia Dini tidak sekedar berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak, juga untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Pendidikan anak usia dini dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja seperti halnya interaksi manusia yang terjadi di dalam keluarga, teman sebaya, dan dari hubungan kemasyarakatan yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan anak usia dini. Pendidikan yang penuh pemahaman, pengembangan dan kesempatan seluas-luasnya diberikan pada anak untuk menunjukan potensi dirinya sendiri dengan memberikan pengarahan yang jelas pada anak. Dengan demikian anak akan terdidik lebih cerdas dan menjadi seorang anak yang berpikir positif dan berpikiran terbuka. Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
- Membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
- Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah
Dibawah ini merupakan segala aktifitas di lembaga RA Al khoiriyah Cerme Gresik untuk mewujudkan Anak Yang Cerdas ,Mandiri, Dan Berakhlakul Karimah Menuju Madrasah Bermutu.
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
berbagai pengalaman keagamaan dalam konteks
berbagai pengalaman keagamaan dalam konteks
keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa
(Sikap/perilaku anak mengenal Tuhan YME)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
berbagai pengalaman keagamaan dalam konteks
keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa
(Mengenalkan makhluk ciptaan Tuhan)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
berbagai pengalaman keagamaan dalam konteks
keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa
( perilaku baik sesuai dengan nilai agama terhadap manusia)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
berbagai pengalaman keagamaan dalam konteks
keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa
(perilaku baik terhadap makhluk ciptaan Tuhan YME)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
( Mengucapkan Do'a )
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
( mengucapkan Salam dan menjawab )
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
( Menirukan Praktek Ibadah)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
( Mengenalkan Tempat Ibadah)
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
(Menghormati Orang yang lebih tua )
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
(Bersikap Jujur )
Pendidik menstimulasi anak untuk mempraktikkan
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
ibadah sesuai agama/ keyakinan yang dianut.
(Menolong Orang Lain)
Pendidik menstimulasi anak untuk menunjukkan
kemampuan motorik kasar
Pendidik menstimulasi anak untuk menunjukkan kemampuan motorik halus
Pendidik menstimulasi anak untuk mengenal dan membiasakan
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
dalam proses pemecahan masalah
Pendidik menstimulasi kemampuan anak untuk
berpikir logis, kritis dan kreatif
Pendidik menstimulasi kemampuan anak untuk berpikir simbolis
Pendidik memfasilitasi proses pembelajaran
agar anak memahami bahasa reseptif
Pendidik memfasilitasi proses pembelajaran dalam
menstimuliasi anak untuk mengungkapkan bahasa (ekspresif)
Pendidik memfasilitasi proses pembelajaran keaksaraan
(pra membaca dan pra menulis)
Kemampuan Pendidik untuk
menstimulasi anak dalam mengendalikan diri
Pendidik menstimulasi anak untuk berperilaku prososial
dan mencintai negara melalui simbol dan lambang negara
untuk mengenal keragaman budaya daerah
potensi lingkungan sekitar (ruangan, bahan, alat, serta sumber lainnya)
kegiatan bermain sesuai dengan tahap perkembangan dan minat anak
Pendidik memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
Pendidik menstimulasi anak agar dapat berkarya sesuai ide dan minatnya dengan menggunakan berbagai alat dan bahan
Pendidik memberikan dukungan (scaffolding)
pada anak saat melakukan kegiatan
pada anak saat melakukan kegiatan
Satuan pendidikan memfasilitasi layanan belajar yang inovatif.
Kegiatan Dukungan orangtua terhadap proses pembelajaran
Satuan pendidikan memfasilitasi pengembangan profesionalitas
pendidik dan tenaga kependidikan
1. Pembuatan Karya Guru berupa Mainan APE
2. Kegiatan Outing Team Guru RA
5. Pengembangan Kemampuan Menciptakan Gerak dan Tari
6. Pelatihan Workshop Yang diadakan di RA Al Khoiriyah
Satuan pendidikan mengenalkan dan
membiasakan Perilaku Hidup Sehat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong Berikan Komentar sesuai artikel yang ada.